Tuesday, November 29, 2011

Apakah Hipnotis Bisa Disebut Sebagai ILMU ?

Apakah HIPNOTIS bisa disebut sebagai ILMU ?
Menurut penulis : YA. Hipnotis bisa disebut sebagai ilmu.

URAIAN
Menurut Kamus Bahasa Indonesia ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu (Admojo, 1998).
Sedangkan menurut pemikiran penulis, ilmu adalah segala hal yang selalu terbuka untuk didiskusikan dan dipelajari. Hipnotis adalah sesuatu yang bisa didiskusikan dan dipelajari. Entah dipelajari melalui media seperti buku – buku dan tutorial tentang hipnotis atau belajar langsung dari orang yang sudah mahir dalam ber-hipnotis.
Syarat sesuatu bisa disebut sebagai ilmu adalah :
  1. Bersifat pengetahuan
  2. Sistematis
  3. Obyektif
  4. Rasional
Bersifat pengetahuan. Segala sesuatu yang bisa diketahui dan dipikir adalah pengetahuan. Hipnotis adalah sesuatu yang bisa diketahui maka bisa disebut sebagai pengetahuan.
Sistematis. Sistematis adalah sesuatu yang teratur, tertib dan berjalan sesuai kaidahnya. Dalam mempelajari dan mempraktekkan hipnotis pasti ada cara – cara tertentu dan dengan urutan tertentu yang harus dipatuhi agar berhasil berhipnotis.
Obyektif. Hipnotis mempunyai obyek kajian abstrak berupa teknik – teknik metafisika yang digunakan untuk menyelami dan mempengaruhi pikiran orang lain dan obyek kajian riil yaitu manusia selaku pelaku dan obyek hipnotis itu sendiri.
Rasional. Dalam sebuah buku pernah disebutkan bahwa seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lain agar tunduk kepada apa yang kita inginkan melalui teknik – teknik dan cara yang bersifat psikologis. Jadi, hipnotis ada kaitanya dengan psikologi yang notabene psikologi adalah sebuah ilmu tentang kejiwaan yang sudah diakui oleh internasional.

KESIMPULAN
Dari uraian diatas, penulis menyimpulkan bahwa hipnotis bisa disebut sebagai ilmu karena memenuhi empat syarat ilmu yaitu bersifat pengetahuan, sistematis, obyektif, dan rasional.

SUMBER :
  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disusun oleh Atmodjo terbitan tahun 1998.
  2. Catatan materi selama perkuliahan mata kuliah Filsafat Ilmu dengan Dosen Pengampu Moh. Anas, M.Phil.
  3. Imajinasi dan pendapat pribadi penulis.

**tulisanl ini adalah sebuah rintisan. Pembaca bisa mengembangakannya melalui space komentar yang diisediakan dibawah ini,**kritik dan saran yang membangun (bukan menjatuhkan) senantiasa penulis harapkan ..**terima kasih ..^_^

No comments:

Post a Comment